Close Banner
TK SD BUDHAYA II AGUSTINUS
   
Photon 
Wednesday, July 14, 2010, 03:53 Posted by Administrator
banner Pictures, Images and Photos

Apa Itu  Photon?

Oleh , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo

Pertanyaan: Apa itu Photon?

Jawab: Di bawah teori cahaya photon, photon adalah sebuah bundelan discrete (atau quantum) dari energi elektromagnetik (atau cahaya). Photon adalah hukum-hukum dalam gerakan dan, dalam sebuah vacum, memiliki kecepatan cahaya yang konstan pada semua pengamat, pada kecepatan cahaya vacum (lebih umum disebut kecepatan cahaya) dari c = 2.998 x 108 m/s.

Kekayaan Dasar Photon

Menurut teori photon cahaya, photon . . .
  • gerakan pada velocity konstan, c = 2.9979 x 108 m/s (i.e. "kecepatan cahaya"), dalam ruang bebas

  • mempunyai massa nol dan energi sisa.

  • membawa energi dan momentum, yang juga dihubungkan dengan frekuensi nu dan panjang gelombang lamdba dari gelombang elektromaknetik dengan E = h nu dan p = h / lambda.

  • dapat dihancurkan/diciptakan ketika radiasi dihisap/disimpan.

  • dapat berupa partikel-seperti interaksi (yaitu, collision/bersenyawa) dengan elektron dan partikel lain, seperti misalnya dalam efek Compton (In Indonesia / In English).

Sejarah Photon

Istilah Photon dibakukan oleh Gilbert Lewis tahun 1926, meski konsep cahaya dalam bentuk partikel discrete telah berada di sekitar berabad-abad dan telah dirumuskan dalam konstruksi ilmu pengetahuan optik Newton.

Tahun 1800-an, kekayaan gelombang cahaya (yang dimaksudkan adalah radiasi elektromaknetik secara umum) menjadi glaringly obvious dan para ilmuwan telah membuang secara mendasar teori partikel cahaya keluar jendela. Tidak sampai Albert Einstein (In English) menjelaskan efek potoelektrik (In Indonesia / In English) dan menyadari bahwa energi cahaya harus dihitung sehingga teori partikel kembali.

Dualitas Partikel Gelombang (In English) in Brief

Seperti disinggung di atas, cahaya memiliki kekayaan baik gelombang dan partikel. Ini adalah penemuan yang mengherankan dan tentu daja di luar kenyataan bagaimana secara normal kita menerima hal-hal ini. Bola Billiard bertindak sebagai partikel, sementara samudera bertindak sebagai ombak. Photon bertindak sebagai baik gelombang dan partikel pada saat yang sama (bahkan melalui kebiasaan, tetapi secara mendasar tidak benar, mengatakan bahwa "kadang-kadang sebuah gelombang dan kadang-kadang sebuah partikel" tergantung pada penuturan mana yang lebih jelas pada waktu yang diberikan).

Hanya satu dari efek dualitas partikel gelombang (In Indonesia/ In English) ini (atau dualitas gelombang partikel) adalah bahwa photon, meski pun diperlakukan sebagai partikel, dapat dikalkulasi untuk mempunyai frekuensi, panjang gelombang, amplitudo, dan kekayaan lain yang terkandung dalam mekanika gelombang.

Fun Photon Facts

Photon adalah sebuah partikel elementary (In Indonesia / In English), kendati kenyataannya tidak memiliki massa. Photon tidak dapat membusuk pada dirinya, meski pun energi photon dapat mentransfer (atau diciptakan) atas interaksi dengan partikel-partikel lain. Photon secara elektris netral dan merupakan satu dari partikel langka yang identik dengan anti partikelnya, antiphoton.

Photons are spin-1 particles (making them bosons (In English)), dengan putaran as yang pararel dengan arah perjalanan (baik ke depan atau ke belakang, tergantung pada apakah di sisi "kiri tangan" atau "tangan kanan" photon). Fitur ini adalah apa yang mengikuti polarisasi cahaya.







Efek Compton

By , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo

Animasi Fisika

Demonstrasi Compton scattering.

Dibagikan kepada publik melalui Wikipedia.

Efek Compton (juga disebut Compton scattering) adalah hasil dari photon energi tinggi colliding with a target, yang melepaskan elektron yang kehilangan ikatan dari sel luar dari atom atau molekul. Radiasi yang tergetar mengalami bentuk panjang gelombang yang tidak dapat dijelaskan dengan istilah-istilah teori gelombang klasik, sehingga membawa dukungan pada teori photon (In English)Einstein. Efek itu pertama diperlihatkan tahun 1923 oleh Arthur Holly Compton (karenanya ia menerima Hadiah Nobel tahun 1927).

Bagaimana Photon Bekerja?

Getaran ditunjukkan dalam gambar sebelah kanan. Photon energi tinggi (umumnya sinar X atau sinar gamma) collides with a target, which has loosely-bound electrons on its outer shell. Insiden photon memiliki energi berikut E dan momentum linier p:

E = hc / lambda

p = E / c

Photon memberi bagian energi-nya pada satu dari elektron yang hampir bebas, dalam bentuk energi kinetik, seperti expected in a particle collision. We know that total energy and linear momentum must be conserved. Analyzing these energy and momentum relationships for the photon and electron, Anda berakhir dengan tiga persamaan:
  • energi
  • x-component momentum
  • y-component momentum
... dalam empat variabel:
  • phi, the scattering angle of the electron
  • theta, the scattering angle of the photon
  • Ee, the final energy of the electron
  • E', the final energy of the photon
Jika kita hanya peduli tentang energi dan arah photon, lalu variabel elektron dapat diperlakukan sebagai konstan, yang berarti bahwa adalah mungkin untuk memecahkan sistem persamaan. Dengan mengkombinasikan persamaan-persamaan ini dan menggunakan beberapa trik-trik aljabar untuk mengeliminasi variabel, Compton sampai pada persamaan berikut (yang dengan jelas dihubungkan, karena energi dan panjang gelombang dihubungkan dalam photon):
1 / E' - 1 / E = 1/(me c2) * (1 - cos theta)

lambda' - lambda = h/(me c) * (1 - cos theta)

Nilai h/(me c) disebut panjang gelombang Compton dan memiliki nilai 0.002426 nm (atau 2.426 x 10-12 m). Tentu saja, ini bukan panjang gelombang aktual, tetapi sungguh-sungguh sebuah konstan secara proporsional untuk bentuk panjang gelombang.

Mengapa Ini Mendukung Photon?

Analisis dan penarikan ini didasarkan pada perspektif partikel dan hasil itu mudah diuji. Melihat pada persamaan, menjadi jelas bahwa seluruh bentuk dapat diukur secara murni dalam istilah-istilah sudut di mana photon tergetar. Apa pun di sisi kanan persamaan adalah sebuah konstan. Eksperimen-eksperimen menunjukkan bahwa ini adalah kasus, memberikan dukungan besar pada penafsiran photon cahaya.

Back to top


Basal Ganglia 
Monday, July 12, 2010, 15:51 Posted by Administrator


Anatomi Otak

Basal ganglia

Fungsi:

  • Kontrol Kecerdasan
  • Koordinasi Gerakan
  • Gerakan Voluntary

Lokasi:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:

Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Anatomi Otak


Batang Otak

Fungsi:

  • Alertness
  • Arousal
  • Pernafasan
  • Tekanan Darah
  • Memuat Paling Banyak Saraf Crainal
  • Pencernaan
  • Heart Rate
  • Fungsi Otomatis Lainnya
  • Menyambung Informasi Antara Saraf Peripheral dan Spinal Cord ke Bagian-bagian Otak Lebih Atas

Lokasi:

Image:



Untuk informasi tambahan lihat:


Kambali ke Anatomi Otak (In English)

Cahaya & Optik 
Monday, July 12, 2010, 04:28 Posted by Administrator


Cahaya & Optik

Di sini Anda akan menemukan informasi tentang kekayaan dan perilaku cahaya yang intriguing, sebuah bentuk energi yang muncul dalam banyak cara yang berbeda-beda.

Dualitas Partikel Gelombang (In Indonesia / In English)

Kita menjelajahi dualitas partikel gelombang: kekayaan partikel gelombang dan kekayaan gelombang dari partikel. Apa artinya kekayaan yang aneh ini? Bagaimana kita menggunakan itu semua untuk memahami fisika?

Apa Itu Pothon? (In Indonesia / In English)

Penggambaran photon dan apa artinya.

Spektrum Elektromagnetik dari Cahaya (In Indonesia / In English)

Spektrum elektromaknnetik cahaya memancar dari gelombang radio menuju sinar gamma, termasuk berkas cahaya yang paling akrab dengan kita : cahaya yang kelihatan.

Spektrum Cahaya yang Bisa Dilihat (In English)

Spektrum cahaya yang kelihatan adalah jarak radiasi elektromaknetik yang sangat kita kenal. Di sini Anda dapat mempelajari bahkan lebih banyak tentang hal itu!

Apa Itu Optik Quantum? (In English)

Belajar tentang optik quantum, bidang fisika di mana studi tentang photon individual Learn about quantum optics, the field of physics where the study of individual photons is crucial to understanding the nature of the behavior of electromagnetic waves as a whole.

Young's Double Slit Experiment (In English)

Learn about Young's Double Slit experiment, where interference patterns seem to prove the wave theory of light. But there's way more to this simple experiment than meets the eye. We'll explain the original experiment and its quantum mechanical permutations.

Doppler Effect in Light: Red Shift & Blue Shift (In English)

Learn about the manifestation of the Doppler effect from a moving light source and how the observed light exhibits either a red shift or blue shift to the wavelength and frequency.

Prinsip Huygens (In English)

We explain Huygens' Principle of wave diffraction, which is applied in many experiments with sound and light.

Efek Potoelektrik (In English)

A description of the photoelectric effect and its significance, which includes crushing the classical wave theory of light, Einstein's first publication, Einstein's only Nobel Prize, and one of the major steps in developing quantum mechanics.

Optik untuk Anak Anak (In English)

Optical Research Associates provides this nice outline of topics in optics that are appropriate for elementary age children, or for anyone who is curious about some of the fundamental concepts in optics.

Journal: Optics Express (In English)

This is "the international electronic journal of optics" offers free subscription services and search of their online archive of peer-reviewed papers.

PhotonicsConnection (In English)

This information hub for the optical engineering and photonics community is maintained by Tower Optical Corporation. It has some interesting information that may be of interest to those in the field, or even just interested in optics and photonic research.








Gelombang memiliki matematika yang berbeda-beda, yang kerap muncul dalam studi fisika, seperti misalnya ketika mempelajari cahaya, suara, gerakan periodik, atau di sana sini dalam fisika quantum.

Kekayaan Matematika Gelombang (In English)

Gelombang memiliki kekayaan matematika unik tertentu, yang menuntut beberapa metode analisis tertentu. Di sinilah Anda akan mempelajari segala sesuatu yang Anda butuhkan tentang amplitudo, frekuensi, panjang gelombang dan kekayaan gelombang lainnya.

Interference, Diffraction, & Prinsip Superposition (In English)

Interference dan diffraction disebabkan oleh prinsip superposition, yang mengatur hukum-hukum untuk interaksi gelombang. Konsep-konsep ini rumit untuk banyak bidang fisika, yang diwakili dalam bentuk gelombang.

Prinsip Huygens (In English)

Kita menjelaskan prinsip Huygens tentang difraksi gelombang, yang diterapkan dalam banyak pengalaman dengan suara dan cahaya.


Back to top











Dualitas Partikel Gelombang

Oleh , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo

Prinsip dualitas partikel gelombang fisika quantum (In English) beranggapan bahwa materi dan cahaya menampilkan perilaku baik gelombang dan partikel, tergantung pada lingkungan eksperimen. Sebuah topik yang kompleks, tetapi paling mempermainkan dalam fisika.

Dualitas Partikel Gelombang dalam Cahaya

Tahun 1600-an, Christian Huygens dan Isaac Newton mengajukan teori competing untuk perilaku cahaya. Huygens mengajukan sebuah teori gelombang cahaya sementara teori Newton adalah teori cahaya "corpuscular" (particle). Teori Huygens memiliki beberapa masalah dalam memadukan observasi. Prestasi Newton membantu memberi dukungan teorinya, maka selama lebih satu abad teorinya dominan.

Pada awan abad sembilan belas, komplikasi timbul untuk teori corpuscular cahaya. Diffraction (In English) telah diteliti, untuk satu hal, teori itu mempunyai penjelasan meyakinkan bermasalah. Eksperimen double slit Thomas Young (In English) menghasilkan dalam perilaku gelombang yang jelas dan rupanya secara kuat mendukung teori gelombang cahaya melampaui teori partikel Newton.

Umumnya sebuah gelombang harus propagate melalui media dari beberapa jenis. Media yang diusulkan oleh Huygens telah menjadi luminiferous aether (atau dalam istilah modern yang lebih umum, ether). Ketika James Clerk Maxwell menghitung satu set persamaan (disebut hukum-hukumMaxwell atau persamaan-persamaanMaxwell) untuk menjelaskan radiasi electromagnetik (In English) (termasuk cahaya yang kelihatan (In English)) sebagai propagasi gelombang, ia mengasumsikan persis seperti sebuah ether sebagai medium propagasi, dan prediksi-prediksinya adalah konsisten dengan hasil-hasil eksperimen.

Maslah dengan teori gelombang adalah bahwa belum ada ether seperti itu pernah ditemukan. Tidak hanya itu, tetapi observasi astronomi dalam stellar aberration oleh James Bradley tahun 1720 telah mengindikasikan bahwa ether sudah semestinya menjadi relatif secara stasioner pada Bumi yang bergerak. Sepanjang tahun 1800-an, percobaan dibuat untuk menditeksi ether atau gerakannya secara langsung, memuncak dalam eksperimen Michelson-Morley yang terkenal. Mereka semua sesungguhnya gagal menditeksi ether, menghasilkan debat besar sementara abad dua puluh mulai. Apakah cahaya itu sebuah gelombang atau sebuah partikel?

Tahun 1905, Albert Einstein (In English) menerbitkan papernya untuk menjelaskan efek potoelektrik (In English), yang mengusulkan bahwa cahaya berjalan sebagai discrete bundelan-bundelan energi. Energi yang terkandung dalam sebuah photon dihubungkan pada frekuensi cahaya. Teori ini dikenal sebagai teori photon (In English) cahaya (meski kata photon tidak dicantumkan sampai bertahun-tahun kemudian).

Dengan photon, ether tidak lagi esensial sebagai sebuah cara propagasi, meski pun masih meninggalkan paradoks yang berbeda mengapa perilaku gelombang diobservasi. Bahkan lebih istimewa adalah variasi quantum dari eksperimen pembelahan ganda (In English) dan efek Compton (In English) yang rupanya menguatkan penafsiran partikel.

Ketika eksperimen dilakukan dan bukti-bukti terkumpul, implikasi dengan cepat menjadi jelas dan lonceng berdentang:

Fungsi-fungsi cahaya baik sebagai sebuah partikel maupun sebuah gelombang, tergantung pada bagaimana eksperimen itu dilakukan dan kapan observasi-observasi itu dibuat.

(Light functions as both a particle and a wave, depending on how the experiment is conducted and when observations are made.)

Dualitas Partikel Gelombang

Pertanyaan apakah dualitas itu juga nampak dalam materi dipatahkan dengan hipotesis de Broglie (In English), yang jelas, yang memperluas karya Einstein untuk menghubungkan panjang gelombang materi yang diobservasi pada momentumnya. Eksperimen-eksperimen menguatkan hipotesis tahun 1927, menghasilkan Hadiah Nobel bagi de Broglie tahun 1929.

Persis seperti cahaya, nampak bahwa materi memamerkan kekayaan baik gelombang dan partikel di bawah lingkungan sekitar yang tepat. Dengan jelas, objek-objek benda menampakkan panjang gelombang sangat kecil, sedemikian kecil dalam wujud sehingga menghilang dalam titik untuk dipikirkan dalam penampilan gelombang. Tetapi untuk objek-objek kecil, panjang gelombang dapat diobservasi dan penting, seperti telah diuji coba dengan eksperimen pembelahan ganda dengan elektron (In English).

Pentingnya Dualitas Partikel Gelombang

Pentingnya dualitas partikel gelombang yang utama adalah bahwa semua perilaku cahaya dan materi dapat dijelaskan melalui penggunaan persamaan diferensial yang menghadirkan fungsi gelombang, umumnya dalam bentuk persamaan Schrodinger. Kemampuan untuk menggambarkan kenyataan ini dalam bentuk gelombang adalah pada jantung mekanika quantum.

Penafsiran paling umum adalah bahwa fungsi gelombang menghadirkan kemungkinan menemukan sebuah partikel yang diberikan pada titik yang diberikan. Persamaan probabilitas ini dapat diffract, interfere, dan memamerkan gelombang lain seperti kekayaan, menghasilkan fungsi gelombang probabilitas final yang memunculkan kekayaan-kekayaan ini juga. Partikel berakhir didistribusi sesuai dengan hukum-hukum probabilitas, dan karena itu menampakkan kekayaan gelombang. Dengan kata lain, probabilitas partikel yang ada di beberapa lokasi adalah sebuah gelombang, tetapi pemunculan fisik aktual dari partikel itu bukan gelombang.

Sementara matematika, meski pun rumit, membuat prediksi akurat, makna fisika dari persamaan ini lebih sulit untuk to grasp. Usaha untuk menjelaskan "apa itu sesungguhnya" dualitas partikel gelombang adalah titik kunci perdebatan dalam fisika quantum. Banyak penafsiran muncul untuk mencoba menjelaskan ini, tetapi penafsiran-penafsiran itu semua dikendalikan oleh perangkat persamaan gelombang ... dan harus menjelaskan pengamatan eksperimental yang sama.

Back to top

Termodinamika 
Monday, July 12, 2010, 01:59 Posted by Administrator


Thermodinamika

Informasi yang Anda butuhkan untuk sampai pada masalah-masalah umum dalam termodinamika, kenyataan fisika yang berhubungan dengan energi dalam bentuk panas dan bagaimana energi meneruskan kekayaan fisika meterial, seperti misalnya temperatur, tekanan, pemampatan.

Tinjauan Termodinamika (In Indonesia / In English)

Informasi tentang bidang termodinamika, dari dasar-dasar temperatur pada teori kinetik untuk hukum-hukum termodinamika.

Pengenalan untuk Pemindahan Panas (In English)

Bagaimana Panas Beralih? Metode-metode apa yang paling dan sedikit efisien? Apa efek-efek transfer panas? Temukan dalam introduksi singkat ini!

Hukum-hukum Termodinamika (In English)

Sebuah introduksi untuk hukum-hukum termodinamika dan bagaimana digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan panas atau tranfer energi termal.

Apa itu Proses Termodinamika? (In English)

Apa itu proses termodinamika? Bagaimana itu digunakan untuk menganalisis energi di dalam sebuah sistem? Pertanyaan-pertanyaan ini dan lainnya dijawab di sini.

Apa Sebenarnya Status Materi? (In English)

Belajar tentang berbagai status materi dan hukum-hukum fisika yang mengaturnya, seperti misalnya fase transisi.

Radiasi Blackbody (In English)

Penelitian dalam bidang radiasi blackbody yang diciptakan suatu dilema untuk fisika klasik. Masalah tersebut dipecahkan kembali oleh Max Planck tahun 1900 dengan memperkenalkan konsep-konsep yang meletakkan dasar untuk semua mekanika quantum.

Tentang Temperatur (In English)

Pengenalan pada temperatur dan prinsip-prinsip dasar termodinamika ini, yang ditulis untuk para guru sekolah menengah, adalah sangat membantu berkaitan dengan mata pelajaran dalam seting kelas.

Pendekatan Siswa pada Hukum Ke Dua Termodinamika (In English)

Secara khusus dirancang bagi siswa, artikel ini menyediakan sebuah pengenalan yang bermanfaat pada konsep-konsep yang terkandung dalam Hukum Kedua Termodinamika, khususnya Entropy.

Termodinamika @ Wikipedia (In English)

Artikel Wikipedia ini memberi sebuah pandangan yang baik tentang Termodinamika, hingga saya mampu menyediakan beberapa informasi yang lebih khusus pada situs ini.

Dua Percobaan Tekanan Udara (In English)

Inilah dua percobaan cepat dalam tekanan udara yang dapat ditampilkan di rumah karena sangat murah. Yakinkan meminta izin orangtua tentang percobaan pertama.

Termodinamika, Tinjauan

Oleh , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo

Apa Itu Termodinamika?:

Termodinamika adalah bidang fisika yang berkenaan dengan hubungan antara panas dan hal-hal lain (seperti misalnya tekanan (In English), kepadatan (In English), temperatur (In English), dst.) dalam sebuah substansi.

Khususnya, termodinamika fokus terbesar pada bagaimana suatu pemindahan panas In English) dihubungkan dengan berbagai perubahan energi di dalam sistem fisika yang melangsungkan sebuah proses termodinamika. Proses seperti itu biasanya menghasilkan dalam karya (In English) yang dilakukan oleh sistem dan dipandu oleh hukum-hukum termodinamika (In English).

Konsep Konsep Dasar Pemindahan Panas:

  • Thermal Contact adalah ketika dua benda dapat mempengaruhi temperatur satu sama lain.
  • Thermal Equilibrium adalah ketika dua benda dalam kontak temperatur tidak lagi memindahkan panas.
  • Thermal Expansion terjadi ketika sebuah benda memperluas dalam volume sehingga mendapat panas. Thermal contraction also exists.
  • Conduction adalah ketika panas mengalir melalui sebuah benda padat yang dipanaskan.
  • Convection adalah ketika partikel-partikel panas memindahkan panas ke benda lain, seperti misalnya memasak sesuatu di dalam air yang mendidih.
  • Radiation adalah ketika panas dipindahkan melalui gelombang elektromaknetik, seperti misalnya dari matahari.
  • Insulation adalah ketika bahan penghantar panas yanag rendah digunakan untuk mencegah perpindahan panas.

Proses Termodinamika:

Sebuah sistem yang melangsungkan sebuah proses termodinamika (In English) ketika ada beberapa perubahan energi di dalam sistem, umumnya dibayangkan dengan perubahan dalam tekanan, volume, energi di dalam (yaitu temperatur), atau semacam pemindahan panas.

Ada beberapa tipe khusus proses termodinamika yang memiliki kekayaan khusus:

States of Matter:

The 5 states of matter

Phase Transitions

Heat Capacity:

The heat capacity, C, of an object is the ratio of change in heat (energy change - denoted by delta-Q) to change in temperature (delta-T).
C = delta-Q / delta-T
The heat capacity of a substance indicates the ease with which a substance heats up. A good thermal conductor would have a low heat capacity, indicating that a small amount of energy causes a large temperature change. A good thermal insulator would have a large heat capacity, indicating that much energy transfer is needed for a temperature change.

Ideal Gas Equations:

There are various ideal gas equations which relate temperature (T1), pressure (P1), and volume (V1). These values after a thermodynamic change is indicated by (T2), (P2), and (V2). For a given amount of a substance, n (measured in moles), the following relationships hold:
Boyle's Law (T is constant):
P1V1 = P2V2

Charles/Gay-Lussac Law (P is constant):
V1/T1 = V2/T2

Ideal Gas Law:
P1V1/T1 = P2V2/T2 = nR

R is the ideal gas constant, R = 8.3145 J/mol*K. For a given amount of matter, therefore, nR is constant, which gives the Ideal Gas Law.

Laws of Thermodynamics:

  • Zeroeth Law of Thermodynamics - Two systems each in thermal equilibrium with a third system are in thermal equilibrium to each other.
  • First Law of Thermodynamics - The change in the energy of a system is the amount of energy added to the system minus the energy spent doing work.
  • Second Law of Thermodynamics - It is impossible for a process to have as its sole result the transfer of heat from a cooler body to a hotter one.
  • Third Law of Thermodynamics - It is impossible to reduce any system to absolute zero in a finite series of operations. This means that a perfectly efficient heat engine cannot be created.

The Second Law & Entropy:

The Second Law of Thermodynamics can be restated to talk about entropy, which is a quantitative measurement of the disorder in a system. The change in heat divided by the absolute temperature is the entropy change of the process. Defined this way, the Second Law can be restated as:
In any closed system, the entropy of the system will either remain constant or increase.
By "closed system" it means that every part of the process is included when calculating the entropy of the system.

More About Thermodynamics:

In some ways, treating thermodynamics as a distinct discipline of physics is misleading. Thermodynamics touches on virtually every field of physics, from astrophysics to biophysics, because they all deal in some fashion with the change of energy in a system. Without the ability of a system to use energy within the system to do work - the heart of thermodynamics - there would be nothing for physicists to study.

That having been said, there are some fields use thermodynamics in passing as they go about studying other phenomena, while there are a wide range of fields which focus heavily on the thermodynamics situations involved. Here are some of the sub-fields of thermodynamics:

  • Cryophysics / Cryogenics / Low Temperature Physics - the study of physical properties in low temperature situations, far below temperatures experienced on even the coldest regions of the Earth. An example of this is the study of superfluids.

  • Fluid Dynamics / Fluid Mechanics - the study of the physical properties of "fluids," specifically defined in this case to be liquids and gases.

  • High Pressure Physics - the study of physics in extremely high pressure systems, generally related to fluid dynamics.

  • Meteorology / Weather Physics - the physics of the weather, pressure systems in the atmosphere, etc.

  • Plasma Physics - the study of matter in the plasma state.

Rhombencephalon 
Friday, July 9, 2010, 23:10 Posted by Administrator


Pembagian Otak


Rhombencephalon

Oleh , About.com Guide
Alih bahasa: Y. Agus Harnowo

Fungsi:

  • Perhatian dan Tidur
  • Fungsi Otomatis
  • Gerakan Otot Kompleks
  • Conduction Pathway for Nerve Tracts
  • Gerakan Refleks
  • Belajar Sederhana

Lokasi:

Susunan:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)

Medulla 
Friday, July 9, 2010, 17:38 Posted by Administrator


Anatomi Otak
Medulla Oblongata

Oleh , About.com Guide
Alih bahasa: Y. Agus Harnowo

Fungsi:

  • Fungsi Otomatis Kontrol
  • Menghubungkan Sinyal Sinyal Saraf Antara Otak dan Spinal Cord

Lokasi:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Pembagian Otak


Prosencephalon

Oleh , About.com Guide
Alih bahasa: Y. Agus Harnowo

Fungsi:

  • Chewing
  • Directs Sense Impulses Throughout the Body
  • Equilibrium
  • Gerakan Mata, Pandangan
  • Facial Sensation
  • Pendengaran, Phonation
  • Inteligensi
  • Memori, Kepribadian
  • Pernafasan
  • Salivation, Menelan
  • Penciuman, Rasa

Lokasi:

Strutur:

Image:



Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)


Mesencephalon

Oleh , About.com Guide
Alih bahasa: Y. Agus Harnowo

Mesencephalon atau otak tengah adalah porsi dari batang otak (In English) yang menghubungkan otak belakang (In English) dan otak depan (In English).

Fungsi:

Fungsi mesencephalon termasuk:
  • Controlling Responses to Sight

  • Gerakan Mata

  • Pupil Dilation

  • Gerakan Badan

  • Pendengaran

Lokasi:

Mesencephalon adalah porsi paling rostral (In English) dari batang otak. Ditempatkan antara otak depan dan otak belakang.

Susunan:

Mesencephalon terdiri dari tectum (In English) dan tegmentum (In English).

Image:

Informasi Lebih Banyak Mesencephalon:

Pembagian Otak:


Brainstem 
Wednesday, July 7, 2010, 20:58 Posted by Administrator


Anatomi Otak


Batang Otak

Fungsi:

  • Alertness
  • Arousal
  • Pernafasan
  • Tekanan Darah
  • Mengandung kebanyakan Saraf Crainal
  • Pencernaan
  • Heart Rate
  • Fungsi Otomatis Lain
  • Menghubungkan Informasi antara Saraf Peripheral dan Spinal Cord ke Bagian yang lebih atas dari Otak

Lokasi:

Image:



Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Pembagian Otak


Metencephalon

Fungsi:

  • Arousal
  • Keseimbangan
  • Reflek Cardiac
  • Sirkulasi
  • Gerakan Otot Fine
  • Perawatan Tone Otot
  • Tidur

Lokasi:

Susunan:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Pembagian Otak


Myelencephalon

Fungsi:

  • Fungsi Otomatis
  • Bernafas
  • Conduction Pathway for Nerve Tracts
  • Pencernaan
  • Heart Rate
  • Menelan
  • Bersin

Lokasi:

Susunan:

Image:



Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Anatomi Otak
Pons

Fungsi:

Lokasi:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Otonomi Otak (In English)

Diencephalon 
Tuesday, July 6, 2010, 19:36 Posted by Administrator


Pembagian Otak


Diencephalon

Fungsi:

  • Chewing
  • Mengarahkan Rangsangan Rangsangan Indera Seluruh Tubuh
  • Equilibrium
  • Gerakan Mata, Visi
  • Facial Sensation
  • Pendengaran
  • Phonation
  • Respiration
  • Salivation, Swallowing
  • Penciuman, Rasa

Lokasi:

Susunan:

Image:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In Engliish)




Pembagian Otak


Telencephalon

Fungsi:

  • Menentukan Kecerdasan
  • Menentukan Kepribadian
  • Penafsiran Rangsangan Kepekaan
  • Fungsi Motor
  • Perencanaan dan Pengorganisasian
  • Kepekaan Penciuman
  • Kepekaan Sentuhan

Lokasi:

Susunan:


Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)




Cerebral Cortex

Oleh , About.com Guide
Alih bahasa: Y. Agus Harnowo

Cerebral cortex adalah lapisan otak yang seringkali ditunjuk sebagai materi berwarna abu-abu. Cortex (lapisan tisu tipis) berwarna abu-abu karena saraf-saraf dalam wilayah ini kekurangan insulin yang membuat kebanyakan bagian-bagian lain dari otak nampak menjadi putih. Cortex menyelimuti porsi luar (1.5mm to 5mm) dari cerebrum (In English) dan cerebellum (In English). Porsi cortex yang menyelimuti cerebrum disebut cerebral cortex.



Click: uji otak kanan & kiri Anda

Cerebral cortex terdiri dari folded bulges yang disebut gyri yang menciptakan deep furrows atau fissures yang disebut sulci. Lipatan-lipatan dalam otak menambah wilayah permukaannya dan karenanya menambah jumlah materi abu-abu dan kuantitas informasi yang dapat diproses.

Cerebral cortex dibagi menjadi hemisphere kanan dan kiri. Cerebral ini encompasses sekitar dua per tiga massa otak dan meletakkan di atas dan mengelilingi kebanyakan susunan otak. Cerebral ini merupakan bagian yang paling tinggi dikembangkan dari otak manusia dan bertanggung jawab untuk untuk berfikir, menangkap pemahaman, memproduksi dan memahami bahasa. Cerebral ini juga merupakan susunan paling mutakhir dalam sejarah evolusi otak.

Kebanyakan informasi aktual yang berproses dalam otak terjadi dalam cerebral cortex. Cerebral cortex dibagi menjadi lobes yang masing-masing mempunyai fungsi khusus. Sebagai contoh, ada wilayah khusus yang melibatkan penglihatan, pendengaran, peraba, gerakan, dan penciuman. Wilayah lain merupakan bidang kritis untuk berfikir dan beralasan. Meskipun banyak fungsi, seperti peraba, ditemukan baik di cerebral hemispheres kanan dan kiri, beberapa fungsi hanya ditemukan dalam satu cerebral hemisphere. Sebagai contoh, dalam kebanyakan orang, kemampuan bahasa ditemukan dalam hemisphere kiri.

Ini adalah Tes Otak Kanan Melawan Otak Kiri yang Bagus ... apakah Anda melihat penari yang sedang berputar searah jarum jam atau berlawanan?

(Kiranya beberapa dari Anda telah melihat sebelumnya - tetapi kebanyakan belum - dan tes otak ini sangat populer ketika wanita misterius yang sedang menari ini terakhir kali mengunjungi couriermail.com.au, maka kami memutuskan untuk berbagi dengan Anda.)

Bila gadis yang sedang menari dalam gambar ini bergerak searah jarum jam, lalu Anda menggunakan lebih banyak sisi kanan otak dan sebaliknya.

Melihat adalah mempercayai: Galeri Ilusi Penglihatan Kita

Kebanyakan dari kita akan melihat penari itu sedang berputar berlawanan dengan arah jarum jam meski Anda dapat mencoba fokus dan mengubah arah; lihat apakah Anda dapat melakukannya.




Cerebral Cortex Lobes

Parietal Lobe (In English) - involved in the reception and processing of sensory information from the body.

Frontal Lobe (In English) - involved with decision-making, problem solving, and planning.

Occipital Lobe (In English) - involved with vision.

Temporal Lobe (In Indonesia / In English) - terlibat dengan memori, emosi, pendengaran, dan bahasa.


Singkatnya, cerebral cortex bertanggung jawab untuk merasakan dan menafsirkan masukan dari berbagai sumber dan merawat fungsi cognitive. Fungsi-fungsi sensor yang ditafsirkan oleh cerebral cortex termasuk pendengaran, peraba, dan penglihatan. Fungsi cognitive termasuk berfikir, mencerna, dan memahami bahasa. Untuk informasi tambahan tentang cerebral cortex kunjungi halaman-halaman Cerebral Cortex (In English) dan Cerebral Cortex Lobes (In English).


*Portions of this material adapted from NIH Publication No.01-3440a and "Mind Over Matter" NIH Publication No. 00-3592.



Anatomi Otak


Cerebellum

Fungsi:

  • Kontrol Koordinasi Gerakan Fine
  • Keseimbangan dan Equilibrium
  • Tone Otot

Lokasi:


Image:



Untuk informasi tambahan lihat:


Kembali ke Anatomi Otak (In English)



Anatomi Otak 
Tuesday, July 6, 2010, 02:20 Posted by Administrator


Anatomi Otak

Oleh , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo



Anatomi otak adalah sangat kompleks karena susunan dan fungsi di dalam. Organ yang mengagumkan ini bertindak sebagai pusat kontrol dengan menerima, menafsirkan, dan mengarahkan informasi sensor seluruh tubuh. Ada tiga pembagian utama otak. Ketiganya adalah otak depan, otak tengah, dan otak belakang.

Anatomi Otak: Pembagian Otak

Otak depan bertanggung jawab untuk berbagai fungsi termasuk menerima dan memproses informasi sensoris, berfikir, menangkap pengertian, memproduksi dan memahami bahasa, dan kontrol fungsi motor. Ada dua pembagian utama otak depan: diencephalon (In Indonesia / In English) dan telencephalon (In Indonesia / In English). Diencephalon mengandung susunan seperti misalnya thalamus dan hypothalamus yang bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi sedemikian rupa sehingga kontrol motorik, yang menghubungkan informasi sensor, dan mengontrol fungsi-fungsi otomatis. Telencephalon memuat bagian terbesar otak, cerebral (In Indonesia / In English). Kebanyakan informasi aktual yang memproses di dalam otak terjadi di cerebral cortex.




The midbrain (otak tengah) dan otak belakang (hindbrain) bersama-sama membangkitkan batang otak (In Indonesia / In English). Otak tengah (midbrain) adalah porsi batang otak yang menghubungkan otak belakang dan otak depan (forebrain). Wilayah otak ini terlibat dalam tanggapan-tanggapan pendengaran (auditory) dan penglihatan (visual) sama seperti fungsi motorik.

Hindbrain (otak belakang) melebar dari spinal cord dan tersusun dari metencephalon (In Indonesia / In English) dan myelencephalon (In Indonesia / In English). Metencephalon memuat susunan seperti misalnya pons (In Indonesia / In English) dan cerebellum (In Indonesia / In English). Daerah-daerah ini membantu dalam merawat keseimbangan dan equilibrium, koordinasi gerak, dan penyelenggaraan informasi sensor. Myelencephalon tersusun dari medulla oblongata (In Indonesia / In English) yang bertanggung jawab untuk mengontrol seperti fungsi otomatis misalnya pernafasan, detak jantung, dan pencernaan.

Anatomi Otak: Susunan

Otak memuat berbagai susunan yang memiliki multi fungsi. Di bawah ini daftar susunan utama otak dan beberapa fungsinya.

Basal Ganglia (In Indonesia / In English)
  • Terlibat dalam cognition dan gerakan voluntary
  • Penyakit yang berkaitan dengan kerusakan wilayah ini adalah Parkinson dan Huntington

Batang Otak (In English)
  • Menghubungkan informasi antara saraf peripheral dan spinal cord ke bagian otak lebih atas
  • Terdiri dari otak tengah, medulla oblongata, dan pons
Wilayah Broca (In English)
  • produksi wicara (Speech production)
  • Memahami bahasa
Sulcus Pusat (Fissure of Rolando) (In English) Cerebellum (In English)
  • Mengontrol koordinasi gerak
  • Menjaga keseimbangan dan equilibrium
Cerebral Cortex (In English)
  • Porsi luar (1.5mm sampai 5mm) dari cerebrum (In English)
  • Menerima dan memproses informasi sensori
  • Dibagi menjadi cerebral cortex lobes
Cerebral Cortex Lobes (In English) Cerebrum (In English)
  • Porsi terbesar dari otak
  • Consists of folded bulges called gyri that create deep furrows
Corpus Callosum (In Indonesia / In English)
  • Pita tebal dari serat yang menghubungkan hemisphere otak kanan dan kiri
Cranial Nerves (In English)
  • Dua belas pasang saraf yang berakar dalam otak, keluar tempurung, dan mengarah ke kepala, leher dan torso
Fissure of Sylvius (Lateral Sulcus) (In English) Susunan Sistem Limbik (In English)
  • Amygdala - terlibat dalam tanggapan emosional, hormonal secretions, dan memori

  • Cingulate Gyrus (In English) - a fold in the brain involved with sensory input concerning emotions and the regulation of aggressive behavior

  • Fornix (In English) - an arching, fibrous band of serat saraf yang menghubungkan hippocampus ke hypothalamus

  • Hippocampus (In English) - mengirim memori keluar ke bagian cerebral hemisphere yang sesuai untuk jangka waktu panjang dan retrievs them bila perlu

  • Hypothalamus (In Indonesia / In English) - mengarahkan berbagai fungsi penting seperti misalnya suhu badan, lapar, dan homeostasis

  • Olfactory Cortex (In English) - menerima informasi sensori dari olfactory bulb dan terlibat dalam identifikasi odors

  • Thalamus (In English) - mass of grey matter cells that relay sensory signals to and from the spinal cord and the cerebrum
Medulla Oblongata (In English)
  • Bagian batang otak lebih rendah yanag membantu untuk mengontrol fungsi otomatis
Meninges (In English)
  • Membranes that cover and protect the brain and spinal cord
Olfactory Bulb (In English)
  • Bulb-shaped end of the olfactory lobe
  • Terlibat dalam indra penciuman
Pineal Gland (In English)
  • Endocrine gland involved in biological rhythms
  • Secretes the hormone melatonin
Pituitary Gland (In English)
  • Endocrine gland involved in homeostasis
  • Regulates other endocrine glands
Pons (In English)
  • Relays sensory information between the cerebrum and cerebellum
Reticular Formation (In English)
  • Nerve fibers located inside the brainstem
  • Regulates awareness and sleep
Substantia Nigra (In English)
  • Helps to control voluntary movement and regualtes mood
Tectum (In English)
  • The dorsal region of the mesencephalon (mid brain)
Tegmentum (In English)
  • The ventral region of the mesencephalon (mid brain).
Ventricular System (In English) - connecting system of internal brain cavities filled with cerebrospinal fluid Wernicke's Area (In English)
  • Wilayah otak di mana bahasa yang dibicarakan dimengerti

Share Your Opinions

Have a question about biology? Come on over to the Biology Forum and share your thoughts, opinions and feelings. Until next time...


Human Anatomy & Biology 
Monday, July 5, 2010, 18:05 Posted by Administrator


Anatomi & Biologi Manusia

Informasi dan sumber-sumber topik biologi manusia meliputi anatomi, fisiologi, sistem organ dan lebih banyak lagi.



Anatomi (In Indonesia / In English)

Anatomi adalah studi tentang susunan organisme hidup. Sub-disiplin biologi ini lebih jauh dapat masuk kategori ke dalam studi susunan anatomi skala besar (gross anatomy) dan susunan anatomi mikro (microscopic anatomy).

Anatomi Otak (In Indonesia / In English)

Informasi dan sumber-sumber yang termasuk dalam anatomi otak.

Istilah-istilah Penunjuk Anatomi dan Penampang Tubuh (In English)

Istilah-istilah penunjuk anatomi dan penampang tubuh menggambarkan lokasi susunan-susunan dalam hubungan dengan susunan atau lokasi lain dalam tubuh.

Vesel Darah (In English)

Vesel darah adalah jaringan bagian dalam of hollow tubes yang mengusung darah ke seluruh tubuh.

Anatomi Jantung (In English)

Jantung adalah organ yang membantu memasok darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Anatomi jantung fokus pada susunan dan fungsi organ yang mengagumkan.

Kuis Anatomi Manusia (In English)

What is the largest gland in the body? Tes pengetahuan anatomi manusia Anda. Ambil Kuis Anatomi Manusia !

Tisu Penghubung (In English)

Jelajahi susunan dan fungsi tisu binatang, termasuk tisu penghubung.

Tisu Saraf (In English)

Jelajahi susunan dan fungsi tisu saraf dan neuron, juga disebut sel saraf.

Tisu Otot (In English)

Jelajahi susunan dan fungsi tisu otot cardiac, smooth, dan skeletal.




Anatomi

Studi Anatomi Manusia

Oleh , About.com Guide
Alih Bahasa: Y. Agus Harnowo


Liver and Nearby Organs

Liver dan Organ Sekitar

Don Bliss/National Cancer Institute

Anatomi adalah studi tentang susunan organisme hidup. Sub-disiplin biologi (In English) ini lebih jauh dapat dikategorikan dalam studi tentang susunan anatomi skala besar (gross anatomy) dan studi tentang susunan anatomi mikro (microscopic anatomy). Anatomi manusia berkaitan dengan susunan anatomi tubuh manusia, termasuk sel (In English), tisu (In English), organ, dan Sistem organ (In English). Anatomi selalu dikaitkan dengan fisiologi (In English), studi tentang bagaimana fungsi proses biologis dalam organisme yang hidup. Karenanya tidak cukup mampu mengidentifikasi susunan, fungsinya harus juga dipahami.

Mengapa Belajar Anatomi?


Studi anatomi manusia memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang susunan tubuh dan bagaimana susunan itu bekerja. Ketika mengambil kursus anatomi dasar, tujuan Anda adalah mem-pelajari dan memahami susunan dan fungsi sistem tubuh utama. Penting diingat bahwa sistem organ tidak sekadar ada sebagai unit-unit individual. Setiap sistem tergantung pada lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk menjaga tubuh yang berfungsi secara normal. Juga penting bisa mengidentifikasi sel-sel utama, tisu-tisu, dan organ-organ yang dipelajari dan memahami bagaimana semua itu berfungsi.

Tip Studi Anatomi

Mempelajari anatomi melibatkan banyak ingatan. Sebagai contoh, tubuh manusia mengandung 206 tulang dan lebih 600 otot. Mempelajari susunan ini menuntut waktu, usaha, dan ketrampilan ingatan yang baik. Tip berikut akan membantu belajar dan mengingat susunan tubuh lebih mudah.
  • Mengetahui Bahasa

    Hal paling penting untuk memahami ketika mempelajari anatomi adalah terminologi. Dengan menggunakan terminologi anatomi standar meyakinkan bahwa para ahli anatomi mempunyai metode umum mengkomunikasikan untuk menghindari kebingungan ketika mengidentifikasi susunan. Mengenali istilah arahan anatomis (In English) sebagai contoh, memampukan Anda menggambarkan lokasi susunan dalam kaitannya dengan susunan atau lokasi lainnya dalam tubuh. Mempelajari awalan dan sisipan umum yang digunakan dalam anatomi dan biologi juga membantu. Sebagai contoh , jika Anda sedang mempelajari brachiocephalic artery, Anda dapat menggambarkan fungsinya dengan mengetahui akhiran brachio- menunjuk pada lengan lebih atas dan -cephal menunjuk pada kepala. Jika Anda telah mengingat bahwa artery adalah vesel darah yang membawa darah keluar dari jantung, Anda dapat menentukan bahwa brachiocephalic artery adalah vesel darah yang membawa darah dari jantung menuju kepala dan wilayah tangan dari tubuh.

  • Menggunakan Bantuan Studi Anatomi

    Bantuan studi sangat bermanfaat ketika mempelajari anatomi. Percaya atau tidak, buku-buku mewarnai anatomi adalah satu dari cara terbaik untuk mempelajari dan mengingat susunan dan lokasinya. Buku Mewarnai Anatomi (In English) sebuah pilihan populer, tetapi juga buku lembar kerja mewarnai. Kartu-kartu flesh Anatomi, seperti Netter's Anatomy Flash Cards (In English) dan Mosby's Anatomy & Physiology Study and Review Cards (In English) dianjurkan juga. Flash cards adalah bermanfaat untuk meninjau ulang informasi dan tidak dimaksudkan untuk pengganti teks anatomi. Acquiring a good complementary text, such as Netter's Atlas Anatomi Manusia (In English), adalah sebuah keharusan untuk kursus anatomi level lebih tinggi dan orang-orang yang tertarik dalam atau sudah menghadiri sekolah medis (In English). Sumber-sumber ini menyediakan ilustrasi mendetil dan gambar-gambar berbagai susunan anatomi.

  • Tinjau Ulang, Tinjau Ulang, Tinjau Ulang

    Saya tidak bisa menyatakan cukup, untuk sungguh-sungguh meyakinkan Anda menguasai materi, Anda harus meninjau ulang secara konstan apa yang telah Anda pelajari. Penting bahwa Anda menghadiri beberapa atau semua sesi tinjauan ulang anatomi yang diberikan oleh pengampu Anda. Pastikan selalu mengerjakan kuis latihan sebelum mengambil tes atau kuis. Bergabung dengan kelompok belajar dan kuis satu sama lain pada materi itu. Jika Anda mengambil kursus anatomi dengan laboratorium, pastikan bahwa Anda mempersiapkan untuk apa yang akan dipelajari sebelum kelas laboratorium. Hal utama yang hendaknya dihindari adalah membiarkan tertinggal. Dengan volume informasi yang dirangkum dalam kebanyakan kursus anatomi, penting bahwa Anda tetap maju dan mengetahui apa yang perlu Anda ketahui, sebelum Anda perlu mengetahuinya.

Back to top

Tisu, Organ dan Sistem Tubuh

Untuk informasi tentang beberapa tisu, organ dan sistem tubuh, lihat:


<<First <Back | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 TK & SD Budhaya