Close Banner
TK SD BUDHAYA II AGUSTINUS
   
Sakramen 
Tuesday, June 22, 2010, 21:18 Posted by Administrator
jesus banner Pictures, Images and Photos <h2>Sakramen dalam Gereja Katolik</h2>

Jesus carrying a woman banner Pictures, Images and Photos

Sakramen dalam Gereja Katolik

Katolik Roma memiliki 7 Sakramen. Sebuah "sakramen," menurut Katekismus Baltimore, adalah "sebuah tanda kelihatan, yang ditetapkan oleh Kristus, untuk memberikan rahmat". Sakramen mempunyai kekuatan memberikan rahmat dari merits of Yesus Kristus. Beberapa Sakramen memberi rahmat penyucian, dan lainnya menambah kesucian dalam jiwa kita. Baptis dan Pengampunan memberi rahmat penyucian karena menaruh kesadaran stain of dosa di jiwa kita. Komuni Kudus, Penguatan, Perkawinan, Imamat, dan Minyak Suci menambah rahmat penyucian karena orang-orang yang menerima sakramen-sakramen itu dengan saleh sudah berada dalam kehidupan yang berahmat. Sakramen-sakramen itu selalu memberi rahmat, jika kita menerimanya dengan disposisi yang benar.

jesus Banner Pictures, Images and Photos
Permandian Pengampunan Komini Penguatan Perkawinan Imamat Minyak Suci


1. Sakramen Permandian


Permandian adalah Sakramen yang membersihkan kita dari dosa asal, membuat kita menjadi orang kristiani, anak-anak Allah, dan pewaris Kerajaan Surga. Permandian adalah tuntutan untuk keselamatan, karena tanpa Permandian kita tidak dapat memasuki Kerajaan Surga. Imam adalah pelayan Permandian yang ditahbiskan; namun dalam kasus tertentu orang yang memiliki alasan tertentu boleh mempermandikan. Siapa pun yang mempermandikan harus menuangkan air di kepala seseorang untuk permandian, dan mengatakan, sambil menuangkan air: Aku memandikan engkau dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. kehendak, dan darah. Permandian air Ada tiga macam Permandian: Permandian air, kehendak, dan darah. Permandian air adalah yang diberikan dengan mengucurkan air di kepala orang untuk permandian, dan mengatakan pada saat yang sama: Aku membabtis engkau dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Permandian kehendak adalah sebuah keinginan yang kuat untuk menerima Permandian, dan melakukan semua yang telah Allah kehendaki untuk keselamatan. Permandian darah adalah menumpahkan darah seseorang untuk iman akan Kristus, seperti misalnya dalam kasus-kasus kemartiran. Permandian kehendak atau darah adalah syarat perlu untuk menghasilkan efek dari Permandian air, sekali pun mustahil untuk menerima Permandian air.

Referensi Biblis: Kis 2:38-39; Kis 22:16; 1 Petrus 3:21; Yoh 3:5; Mat 19:14;
Luk 18:15-16; Kol 2:11-12; Rom 6:13; Kis 16:15; Kis 16:33; 1 Kor 1:16; Mrk 16:16;
Rm 5:18-19; Mrk 10:14; Yos 24:15; Mat 8:5ff; Mat 15:21ff

Juga bisa baca Catholic Answers' Permandian Bayi



Jesus Banner Pictures, Images and Photos

Permandian Penance Communion Confirmation Matrimony Holy Orders Anointing of the Sick







2. Pengampunan (juga dikenal sebagai Penyesalan dan Penitensi): Penitensi adalah sebuah Sakramen di mana dosa yang dihapuskan setelah Permandian diampuni. Penitensi menghapus dosa dan memperbaiki persahabatan dengan Allah pada jiwa melalui absolusi (pengampunan) imam. Kiranya bisa dipahami bahwa imam memiliki kuasa mengampuni dosa yang ditebus setelah Permandian, karena Yesus Kristus menganugerahi kuasa kepada para imam Gereja-Nya ketika Ia mengatakan: "Receive ye the Holy Ghost. Whose sins you shall forgive, they are forgiven them; whose sins you shall retain, they are retained." Untuk menerima Sakramen Penitensi secara pantas kita harus melakukan lima hal:

  • Kita harus memeriksa batin kita.
  • Kita harus menyesali karena dosa-dosa kita.
  • Kita harus membuat perbaikan hubungan yang tidak lagi bertentangan dengan Allah.
  • Kita haarus mengakukan dosa-dosa kita di hadapan imam.
  • Kita harus menerima silih (denda) yang diberikan imam kepada kita.

Pemeriksaan batin adalah sebuah usaha yang sungguh-sungguh untuk mengingat kembali dalam batin semua dosa yang telah kita lakukan sejak pengampunan kita yang terakhir. Sebelum memulai pemeriksaan batin, kita perlu berdoa terlebih dahulu kepada Allah untuk menerangi dosa kita. Kita dapat membuat pemeriksaan batin yang baik dengan mengingat kembali akan perintah-perintah Allah, perintah Gereja, tuju dosa utama, dan tugas-tugas khusus negara kita dalam hidup, menemukan dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Referensi Biblis: Mat 9:2-8; Yoh 20:22-23; 2 Kor 5:17-20; James 5:13-16;
Mat 18:18; 1 Yo 5:16

Ada baiknya bisa dibaca Catholic Answers' (In English) Forgiveness of Sins

Bagaimana membuat Pemeriksaan Batin yang baik

Dosa Melawan Roh Kudus



Permandian Pengampunan Komuni Krisma Perkawinan Imamat Perminyakan Orang Sakit


3. Komuni Kudus

JESUS Pictures, Images and Photos
pope eucharist Pictures, Images and Photos
(Ekaristi Kudus): Ekaristi Kudus adalah Sakramen yang berupa tubuh dan darah, jiwa dan keilahian, dari Tuhan Yesus Kristus dalam rupa roti dan anggur. Kristus menetapkan Ekaristi Kudus pada Perjamuan Terakhir, malam sebelum Ia wafat. Ketika Tuhan kita menetapkan Ekarti Kudus keduabelas Rasul hadir. Tuhan kita menetapkan Ekaristi Kudus dengan mengambil roti, memberkati, memecah-mecah, dan membagikannya kepada Rasul Rasul-Nya, sambil mengatakan: Ambillah dan makanlah; dan kemudian dengan mengambil cawan berisi anggur, memberkati, dan mengedarkannya, sambil mengatakan kepada mereka: Minumlah semua ini. Inilah darah-Ku yang akan ditumpahkan bagi penebusan Dosa Dosa. Lakukan ini sebagai kenangan akan Daku. Ketika Tuhan kita mengatakan, Ini lah darah-Ku, wujud roti diubah menjadi wujud tubuh-Nya; ketika Ia mengatakan, Ini adalah darah-Ku, wujud anggur diubah menjadi wujud darah-Nya. Yesus Kristus total dan menyeluruh keduanya di bawah wujud roti dan di bawah wujud anggur. Setelah wujud roti dan anggur diubah menjadi wujud tubuh dan darah Tuhan kita, yang tersisa hanya perwujudan berupa roti dan anggur, yang berarti secara kelihatan, dan untuk semua pengertian kita, roti dan anggur yang dilihat dan dirasakan sama seperti sebelum dikonsekrasi. Perwujudan dari roti dan anggur diubah menjadi perwujudan tubuh dan darah Kristus dengan kuasa-Nya yang mengagumkan. Perubahan roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus dilanjutkan dalam Gereja oleh Yesus Kristus melalui pelayanan para imam-Nya. Kristus memberikan imam-imam-Nya kuasa mengubah roti dan anggur menjadi tubuh dan darah-Nya ketika Ia mengatakan kepada para Rasul, Lakukan ini untuk mengenang Daku. Para imam memperagakan kuasa menguabah roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus melalui kat-kata konsekrasi dalam Misa, yang berupa kata-kata: Ini lah tubuh-Ku; ini lah darah-Ku.

Referensi Biblis: Yoh 6:35-71; Mat 26:26ff; 1 Kor 10:16; 1 Kor 11:23-29; Kel 12:8,46;
Yoh 1:29; 1 Kor 5:7; Jn 4:31-34; Mat 16:5-12; 1 Cor 2:14-3:4; Ps 27:2; Is 9:18-20;
Is 49:26; Mik 3:3; 2 Sam 23:15-17; Wahyu 17:6,16

Bisa juga dibaca Catholic Answers' (In English) Kristus dalam Ekaristi
Katekismus Gereja Katolik
Mysterium Fidei, ditulis oleh Paus Paulus VI
Dominicae Cenae, written by Pope John Paul II
Ecclesia de Eucharistia, written by Pope John Paul II
Questions and Answers on the Real Presence, US Conference of Catholic Bishops

The Vatican Needs Your Opinion!

This October, a Synod of key Bishops will meet in Rome to discuss why the Holy Eucharist is being ignored, disrespected, and disbelieved. What are YOUR thoughts? Write Rome NOW before the Synod meets!

Jesus Pictures, Images and Photos

4. Confirmation:
Penguatan adalah sebuah Sakramen di mana seseorang menerima Roh Suci untuk membuat kita kuat dan orang-orang kristiani yang sempurna dan para laskar Yesus Kristus. Uskup adalah pelayan penguatan yang ditahbiskan. Uskup tersebut mengurapi orang-orang yang dikuatkan, berdoa bahwa mereka boleh menerima Roh Suci, dan mengurapi dahi masing-masing dengan minyak Krisma kudus di depan salib. Minyak Krisma Kudus adalah campuran minyak zaitun dan balm, yang disucikan oleh uskup. Uskup adalah pelayan Penguatan yang biasa. Dalam mengurapi seseorang yang dikuatkan, uskup tersebut mengatakan: Aku menandai engkau dengan tanda salib, dan aku menguatkan engkau dengan krisma keselamatan, dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Dengan mengurapi dahi dengan krisma dalam bentuk salib diartikan bahwa orang kristiani yang dikuatkan itu harus secara terbuka meneruskan dan mempraktikkan imannya, tidak pernah malu karenanya, dan lebih baik mati dari pada menyangkal imannya. Orang-orang yang dalam usia belajar harus mengetahui misteri iman yang utama dan tugas-tugas orang kristiani, dan terpanggil serta mengamalkan Sakramen.

Referensi Biblis: Kis 19:5-6; Kis 8:14-17; 2 Kor 1:21-22; Efs 1:13; Ib 6:2

Silahkan baca juga Catholic Answers' Penguatan

Jesus' Witness Pictures, Images and Photos

5. Matrimony: Sakramen perkawinan adalah sakramen yang mempersatukan pria dan wanita kristiani dalam perkawinan yang syah. Pria dan wanita kristiani tidak dapat dipersatukan dengan cara lain kecuali dengan Sakramen Perkawinan, karena Kristus mengangkat perkawinan ke martabat Sakramen. Ikatan perkawinan Kristiani tidak dapat dipisahkan oleh kuasa manusia. Efek dari Sakramen Perkawinan adalah:

  1. Menyucikan cinta suami istri;
  2. Memberi rahmat kepada mereka untuk mengangkat kelemahan satu sama lain;
  3. Memampukan mereka membesarkan anak-anak dalam takut dan cinta akan Tuhan.

Untuk menerima Sakramen Perkawinan secara layak perlu dalam keadaan berahmat, dan perlu juga mengikuti hukum Gereja. Gereja sendiri memiliki hak untuk menerapkan hukum berkaitan dengan Sakramen perkawinan, kendati negara juga mempunyai hak untuk memberlakukan hukum berkaitan dengan akibat-akibat sipil kontrak perkawinan. Orang-orang kristiani harus mempersiapkan kesucian dan pernikahan yang bahagia dengan menerima Sakramen Pengakuan Dosa dan Ekaristi Kudus; dengan memohon kepada Tuhan supaya memberkati mereka sebuah niat murni dan mengarahkan pilihan mereka; dan mencari nasehat dari kedua orangtua mereka dan berkat dari pastor.

Referensi Biblis: Matt 19:5; Mark 10:7-12; Eph 5:22-32; 1 Thess 4:4; Mal 2:14-16;
Matt 5:32-33; Matt 19:4-6,9; Mark 10:11-12; Lk 16:18; Rom 7:2-3; 1 Cor 7:10-11

Please also read Catholic Answers' Permanence of Matrimony

6. Holy Orders: Holy Orders is a Sacrament by which bishops, priests, and other ministers of the Church are ordained and receive the power and grace to perform their sacred duties. To receive Holy Orders worthily it is necessary to be in the state of grace, to have the necessary knowledge and a divine call to this sacred office. Christians should look upon the priests of the Church as the messengers of God and the dispensers of His mysteries. Only bishops can confer the Sacrament of Holy Orders.

Biblical references: Acts 20:28; Lk 22:19; Jn 20:22; Acts 6:6; Acts 13:3;
Acts 14:22; 1 Tim 4:14; 2 Tim 1:6; Tit 1:5

Please also read Catholic Answers' Bishop, Priest, and Deacon

7. Anointing of the Sick (formerly known as Extreme Unction or Last Rites): Extreme Unction is the Sacrament which, through the anointing and prayer of the priest, gives health and strength to the soul, and sometimes to the body, when we are in danger of death from sickness. We should receive Extreme Unction when we are in danger of death from sickness, or from a wound or accident. We should not wait until we are in extreme danger before we receive Extreme Unction, but if possible we should receive it whilst we have the use of our senses. The effects of Extreme Unction are:

  1. To comfort us in the pains of sickness and to strengthen us against temptation;
  2. To remit venial sins and to cleanse our soul from the remains of sin;
  3. To restore us to health, when God sees fit.

By the remains of sin I mean the inclination to evil and the weakness of the will which are the result of our sins, and which remain after our sins have been forgiven. We should receive the Sacrament of Extreme Unction in the state of grace, and with lively faith and resignation to the will of God.

Biblical references: Mk 6:12-13; Jm 5:14

Please also read Catholic Answers' Anointing of the Sick

Defending the Faith: Biblical References

How to Become a Catholic

Recommended Reading about the Sacraments

Doors to the Sacred Sacred Mysteries Pastoral Foundations of the Sacraments Swear to God The Eucharist, Our Sanctification



<<First <Back | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 TK & SD Budhaya