Close Banner
TK SD BUDHAYA II AGUSTINUS
   
Kategori1 
Wednesday, April 21, 2010, 22:51 - SCHOOLNET4 Posted by Administrator

Kategori 1: Pemimpin Lokal


Local Leaders
A: Tugas:

Merancang sebuah website yang mengidentifikasi orang terkenal atau penting di komunitas Anda (yakni politisii, pengarang, artis, musisi, tokoh olah raga).

Tema untuk CyberFair 2010 adalah "Percaya dan Bersatu!"

Kaum muda ditantang untuk menerbitkan proyek penelitian asli yang fokus pada bagaimana keyakinan positif, perilaku dan sumbangan warga lokal mereka memiliki kekuatan untuk memperbaiki, menjaga dan mempersatukan komunitas mereka.

Dalam kemitraan dengan target World Future Society, para pelajar juga didukung untuk mempersiapkan masa depan - dengan memikirkan tentang masa depan yang mungkin, masa depan yang kebetulan, masa depan yang dapat dipersiapkan dan masa depan yang dapat dicegah. Proyek-proyek yang terbaik menggambarkan "berfikir masa depan" dihadirkan di konferensi internasional World Future Society (Masyarakat Masa Depan Dunia) di Boston, Massachusetts, USA, July 2010.

 "Masa depan milik orang-orang yang mempercayai keindahan mimpi-mimpi mereka".
- Eleanor Roosevelt, First Lady, United States 1933-1945


B: Tujuan Pembelajaran:
  1. Para pelajar akan memahami kualitas dan tanggung jawab yang dituntut dari warga negara di negara mereka.

  2. Para pelajar dapat mendaftar para pemimpin komunitas lokal mereka dan menggambarkan sumbangan mereka.

C: Pertanyaan Diskusi:
  • Bagaimana pelajar dapat menemukan siapa pemimpin lokal mereka?
  • Siapa para pemimpin lokal itu?
  • Dalam hal apa saja yang mereka ambil untuk menjadi pemimpin?
  • Siapa pemimpin yang berasal dari masa lalu?
  • Apakah para pelajar mengenali secara pribadi para pemimpin lokal?
  • Apa kualitas-kualitas seorang pemimpin?
  • Apa yang membuat seorang mau menjadi pemimpin?
  • Apa artinya istilah "kepemimpinan masyarakat"?
  • Apa perbedaan antara menjadi seorang "pemimpin" dan menjadi terkenal?

D: Aktivitas Awal yang Diusulkan:

Komitmen para pelajar pada pelayanan komunitas dan tanggung jawab warga negara dibangkitkan ketika mereka mempelajari tentang peran model-model inspiratif dari masa lampau, khususnya ketika para pemimpin itu berasal dari komunitas mereka sendiri. Para pelajar dapat memperoleh pandangan mendalam bagaimana secara pribadi mereka dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain melalui partisipasi kewarganegaraan. Melalui aktivitas dan proses ini, para pelajar memperoleh pemahaman nilai-diri yang menghubungkan mereka dengan komunitasnya.

  1. Meninjau proyek lampau (In English) yang dihasilkan oleh para siswa dalam kategori ini.
  2. Mengembangkan sebuah kuis/survei untuk membantu menentukan siapa para pemimpin lokal mereka. Para siswa sebaiknya mendaftar orang-orang yang secara personal mereka ketahui yang dipertimbangkan sebagai pemimpin lokal.
  3. Gunakan surat kabar lokal untuk membatasi orang-orang yang kerap muncul. Apa yang sedang mereka lakukan untuk komunitas mereka? (Untuk mengetahui apa motivasi para pemimpin masyarakat siswa harus melihat nilai-nilai dan anggapan-anggapan apa yang mereka pegang, apa yang mereka hormati dan apa yang mereka cari.)
  4. Dengarkan stasion TV lokal dan/atau baca surat kabar untuk "kualitas masalah kehidupan". Tandai dan kumpulkan hal-hal utama yang dikutip sebagai hal penting bagi orang-orang yang hidup di komunitas Anda menurut para pemimpin ini.
  5. Cari kesamaan dan perbedaan antara komunitas tetangga menurut ukuran "kualitas masalah kehidupan".
  6. Daftar beberapa mantan pemimpin dari wilayah itu. Apa yang mereka lakukan untuk komunitas mereka? Daftar atau gambarkan perubahan-perubahan yang mereka buat dalam komunitas. Gambarkan beberapa perubahan yang telah terjadi ketika mereka menjadi pemimpin.
  7. Mewawancarai para orangtua, kakek-nenek atau tetangga yang telah hidup di komunitas itu cukup lama dan mengundang pembicara tamu yang dapat menghubungkan detail-detail sejarah tangan pertama komunitas.
  8. Create a "Hall of Fame" of school alumni who have made contributions to the community, the nation and/or the world which can be established in the school to identify role models and enhance school pride.
  9. Students and their parents attend meetings of the school board and city council as part of the leadership process. Students can report on issues discussed at meetings, research and take positions on those issues. Students can simulate meetings of the city council or school board, debate issues, vote and compare their outcomes with those of the board or council.
  10. Discuss the term "civic leadership." Have students, working individually or in cooperative groups, select an article which demonstrates a citizen doing something for the good of others, as in being "civic minded."
  11. Create and distribute copies of a "Leader" award certificate and have students fill out the recipient's name and tell why they have selected that person to receive the award.
  12. Identify specific careers that center around public service.
  13. Identify "quiet leaders" who do important things for others with very little recognition.

E: Contoh Proyek (In English)


| 1 |

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 TK & SD Budhaya